Rabu, 28 Desember 2011

PENGARUH NARKOBA BAGI REMAJA

PENGARUH NARKOBA BAGI REMAJA

KARYA TULIS

“PENGARUH NARKOBA BAGI REMAJA”

Disusun Oleh :

DIMAS T.D. / IXA / 16


SMP NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO
Jl. A. Yani No.15 Telp. (0321) 322746
TAHUN AJARAN 2008 – 2009


KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah S.W.T atas limpahan rahmat dan hidayah Nya sehingga karya tulis yang berjudul “Pengaruh Narkoba Bagi Remaja” dapat terselesaikan, meskipun jauh dari sempurna.

Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi pembaca, khususnya generasi muda. Agar tidak terjatuh dalam lubang nista narkoba.


BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Masalah

Pada era globalisasi saat ini banyak media elektronik yang berdampak positif dan negatif. Seperti halnya tayangan – tayangan di TV tentang bahaya narkoba.
Seperti di Indonesia pengaruh narkoba terhadap remaja sangat memprihatikan bahkan menjadi ancaman serius bagi kelangsungan hidup bangsa.


B.Rumusan Masalah

Mengapa banyak remaja pecandu narkoba ?


C.Tujuan Penelitian

Karya tulis ini ditulis untuk memenuhi tugas T I K ( Teknologi Informasi dan Komunikasi ) di sekolah.


D.Manfaat Penelitian

Agar para remaja senantiasa waspada terhadap narkoba yang sangat membahayakan kesehatan jasmani dan rohaninya.

BAB I
KAJIAN PUSTAKA

Pedoman Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Bagi Remaja.2003. Jakarta : Badan Narkoba Nasional Republik Indonesia.

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. 1996. Malang : IKIP Malang.

Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. 1997. Surabaya.: Kartika.

Kamus Praktis Ilmiah Populer. Surabaya : Kartika.

BAB III
METODE PENELITIAN

A.PENDEKATAN DAN JENIS PENGAMATAN

Penelitian ini dilaksanakan dengan pengamatan langsung terhadap obyek yang diteliti.


B.KEHADIRAN PENELITI / LOKASI PENELITIAN

Peneliti hadir di lokasi penelitian yaitu di rumah Ibang Kelud Gg 7 No. 8 dan di rumah Rizal Kelud Gg. 10 No. 7.


C.SUMBER DATA

1.Ibu Lilis ( Ibu Ibang )
2.Ibu Chaterina ( Ibu Rizal )


D.PROSEDUR PENGUMPULAN DATA

Data dikumpulkan setelah peneliti mewawancarai sumber data dengan langsung datang ke rumah sumber data.


E.ANALISIS DATA

Berdasarkan keterangan sumber data yang merupakan orang tua dua korban pengguna narkoba telah masuk ke rumah sakit akibat overdosis karena berlebihan dalam penggunaan narkoba.


F.TAHAP – TAHAP PENELITIAN

Rencana :Jum'at, 31 Oktober 2008, pukul 16.00 WIB.
Pelaksanaan pengumpulan data :

No.
Hari / Tanggal
Jam
Obyek Penelitian

1.
Sabtu, 1 November 2008
16.00 – 17.30 WIB
Di rumah Bu Lilis Kelud Gg. 7 No. 8 ( rumah Ibang ).

2.
Minggu, 2 November 2008
19.00 – 20.00 WIB
Di rumah Chaterina Kelud Gg. 10 No. 7 ( rumah Rizal ).

BAB IV
PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN

Data ini diperoleh dari hasil wawancara terhadap nara sumber yang bertempat tinggal di Kelud Gg. 7 No. 8 dan Kelud Gg. 10 No. 7.
Berdasarkan hasil keterangan nara sumber dapat disimpulkan bahwa kedua remaja yang merupakan pecandu narkoba sering mengalami kejang – kejang karena kecanduan narkoba dan sejenisnya.

BAB V
PEMBAHASAN

1.Pengertian Bahaya, Narkoba, dan Remaja
Bahaya
Menurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesia karangan Ali Saukah, M.A., bahaya artinya yang ( mungkin ) mendatangkan kecelakaan ( bencana, kesengsaraan, kerugian, dan sebagainya ).
Narkoba
Narkoba menurut pengertian farmakologi medis adalah obat yang dapat menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan penurunan tingkat kesadaran serta mengandung zat adiktif yang dapat menimbulkan kecanduan. Narkoba berasal dari tanaman kokain dan tanaman ganja. Dalam dunia kedokteran, bahan ini diperlukan untuk pengobatan penyakit tertentu, tetapi jika dikonsumsi secara bebas atau berlebihan akan berbahaya. Narkoba pada zaman sekarang ini menjadi masalah diberbagi negara, termasuk Indonesia, mengingat akibat yang ditimbulkan karena penyalahgunaannya dapat membahayakan kehidupan bangsa dan negara.
Remaja
Menurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesia karangan Ali Saukah, M.A., remaja dapat diartikan pemuda atau pemudi yang muda belia.

2.Banyak remaja pecandu narkoba karena taraf coba – coba, taraf hiburan, taraf penggunaan secara teratur, dan taraf ketergantungan. Biasanya remaja yang baru memasuki taraf coba – coba langsung terseret sampai ke taraf ketergantungan, karena sifat narkoba yang mempunyai daya menimbulkan ketergantungan yang tinggi.

3.Bahaya narkoba terhadap remaja, antara lain :
Menimbulkan gangguan kesehatan jasmani dan rohani, merusak fungsi organ vital tubuh : otak, jantung, ginjal, hati, dan paru – paru, sampai kepada kematian sia – sia yang tidak patut ditangisi.
Memerlukan biaya yang sangat besar baik untuk membeli narkoba yang harganya sangat mahal, maupun untuk biaya pengobatannya yang juga sangat mahal, sehingga dapat membuat keluarga bangkrut dan menderita.
Menimbulkan gangguan terhadap ketertiban, ketentraman, dan keamanan masyarakat.
Menimbulkan kecelakaan diri yang bersangkutan dengan orang lain.
Perbuatan melanggar hokum yang dapat menyeret pelakunya ke penjara.
Memicu tindakan tidak bermoral, tindakan kekerasan dan tindakan kejahatan.
Menurunkan sampai membunuh semangat belajar adalah perbuatan yang menghancurkan masa depan.
Merusak keimanan dan ketakwaan, membatalkan ibadah agama karena hilangnya akal sehat.

BAB VI
PENUTUP

A.Kesimpulan

Penyalahgunaan narkoba bagi remaja sangat berakibat fatal baik jiwa atau raga dan juga mental spiritual.


B.Saran

Agar para remaja menghindari penyalahgunaan narkoba. Maka dari itu hendaknya kita bentengi diri kita dengan iman dan takwa. Karena maju mundurnya suatu negara terletak di pundak para remaja.

DAFTAR PUSTAKA


Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia, 2003. Pedoman Penyalahgunaan Narkoba Bagi Remaja. Jakarta : Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia.

Drs. Kamisa, 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya : Kartika.

Gunawan Adi, Drs., Kamus Praktis Ilmiah Populer. Surabaya : Kartika.

Saukah Ali, M.A., Ph.D., 1996. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang : IKIP Malang.

Kegunaan Power Point


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar belakang masalah

Perkembangan Teknologi Informasi telah berdampak luas dalam berbagai bidang kehidupan. Bidang politik, sosial dan budaya, pendidikan, ekonomi dan bisnis yang telah mengaplikasikan teknologi informasi dalam segala urusan. Perkembangan teknologi informasi mempermudah proses manejemen di sekolah, para siswa terbantu dalam mengakses informasi baru dari sekolah seperti pendaftaran calon siswa baru, melihat nilai dan perkembangan mutakhir lainnya.
Bagi guru-guru dan karyawan tentu Teknologi Informasi akan mempermudah segala urusan pembelajaran di sekolah, disamping untuk memperkaya bahan ajar. Bagi konselor akan sangat menunjang dalam pemberian layanan Bimbingan dan Konseling.
Walaupun sebelum teknologi ini muncul, seorang konselor sekolah sudah dapat menyelenggarakan kegiatan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah, tetapi kecendrungan yang terjadi sekarang adalah penguasaan kompetensi ini oleh seorang konselor sekolah Bagi guru-guru dan karyawan tentu Teknologi Informasi akan mempermudah segala urusan pembelajaran di sekolah, disamping untuk memperkaya bahan ajar. Bagi konselor akan sangat menunjang dalam pemberian layanan Bimbingan dan Konseling.
Sebenarnya pada Standar Kompetensi Konselor Indonesia telah mengamanatkan kepada para konselor untuk menguasai teknologi informasi untuk kepentingan pemberian layanan Bimbingan dan Konsellingdi sekolah. Identifikasi layanan Bimbingan dan Konsellingyang dapat dilakukan dengan teknologi informasi juga sudah dilakukan. Menurut Handarini (2006), menyatakan bahwa teknologi dan internet dapat diterapkan dalam layanan bimbingan konseling, yaitu : 1) layanan appraisal, 2) layanan informasi, 3) layanan Konseling, 4) layanan konsultasi, 5) layanan perencanaan, penempatan dan tindak lanjut dan 6) layanan evaluasi.
Oleh karena itu, setiap negara berlomba untuk mengintegrasikan media, termasuk teknologi informasi dan komunikasi untuk semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegaranya untuk untuk membangun dan membudayakan masyarakat berbasis pengetahuan agar dapat bersaing dalam era global.
Bimbingan dan Konseling sebagai suatu proses pemberian bantuan kepada individu (siswa), dilaksanakan melalui berbagai macam layanan. Layanan tersebut saat ini, pada saat jaman semakin berkembang, tidak hanya dapat dilakukan dengan tatap muka secara langsung, tapi juga bisa dengan memanfaatkan media atau teknologi informasi yang ada. Tujuannya adalah tetap memberikan bimbingan dan konsling dengan cara-cara yang lebih menarik, interaktif, dan tidak terbatas tempat, tetapi juga tetap memperhatikan azas-azas dan kode etik dalam bimbingan dan konseling.
B.     Tujuan dan Manfaat Pembahasan
Mengetahui apa yang dimaksud sistem teknologi informasi itu sendiri. Selain itu juga mengetahui apa sesungguhnya hakekat sistem informasi dalam BK dan mengetahui seberapa pentingnya sistem teknologi dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling.
C.    Metode Pembahasan
Dalam pembahasan kali ini kami mengambil referensi dari buku, artikel dan jurnal, serta kami melakukan diskusi kelompok. Dalam makalah ini akan dijelaskan pengertian yang mendasar dari sistem teknologi informasi dan secara bekelanjutan akan diikuti dengan pembahasan tentang hubungan sistem teknologi informasi dalam BK.








BAB II
PEMBAHASAN

A. Kegunaan Power Point dalam layanan konsultasi
Power point merupakan aplikasi yang menyusun naskah persentasi yang handal. Power point digunakan untuk menampilkan pertanyaan-pertanyaan yang akan di berikan kepada konseli atau klien, pertanyaan yang sesuai dengan maslah yang sedang dialami oleh klien. Mempermudah dalam layanan konseling karna hanya menampilkan slide yang sudah kita buat untuk diberikan kepada klien yang ada dalam computer. Dengan teknologi ini  mempermudah konselor untuk mengkonselingi kliennya, karena tidak memakan waktu yang lama.
Program software power point memberikan kesempatan bagi konselor untuk memberikan sentuhan-sentuhan seni dalam bahan layanan informasi. Melalui program ini, yang diyangkan tidak saja berupa tulisan-tulisan yang mungkin sangat membosankan,tetapi dapat juga ditampilkan gambar-gambar dan suara-suara yang menarik yang tersedia dalam program power point. Melalui fasilitas ini, konselor dapat pula memasukan gambar-gambar diluar fasilitas power point, sehingga sasaran yang akan dicapai lebih optimal.Gambar-gambar yang disajikan melalui program power point tidak statis seperti yang terdapat pada Over Head Projector.

B. Kegunaan Film Dalam Layanan Konseling
Media lain yang dapat digunakan dalam proses bimbingan dan konseling dikelas antara lain adalah VCD/DVD player. Peralatan ini sering kali dipergunakan oleh konselor untuk menunjukan prilaku-prilaku tertentu. Prilaku-prilaku yang tampak pada tayangan tersebut dipergunakn konselor untuk merubah prilaku klien yang tidak diinginkan. Dalam proses pendidikan konselor pun menggunakan video medeling ini juga dipergunakan untuk meningkatkan keterampilan dan prinsip konseling yang akan dekembangkan bagi calon konselor.
Sebelum VCD/DVD player ditayangkan, seorang konselor sebaiknya memberikan arahan terlebih dahulu kepada siswa tentang alasan ditayangkannya sebuah film. Hal ini sangat penting, sebab dengan memiliki gambaran dan tujuan film tersebut ditayangkan, maka siswa akan memilik kerangka berfikir yang sama. Setelah film selesai ditayangkan, maka konselor meminta siswa untuk memberikan tanggapan terhadap apa yang telah mereka lihat. Tangaapan-tanggapan ini pada akhirnya akan mempengaruhi bagaimana klien berfikir dan bersikap, yang kemudian diharapkan akan dapat merubah prilaku klien atau siswa. 

C. Kegunaan Poster Dalam Layanan Konseling
Kegunaan poster dalam layanan konseling agar konselor  dapat memberikan gambaran yang nyata dan dapat dilihat jelas oleh klien yang mengalami masalah. Poster pun dapa menjadi contoh untuk klien. Konselor mencari poster-poster yang yang menarik dan bisa jadi contoh yang baik untuk klien agar klien tidak salah mengartikan gambaran poster tersebut. Sebelumnya konselor harus menjelaskan gambaran poster yang akan ditampilkan untuk klien yang bermasalah bagaimana gambaran cerita yang dalam poster tersebut, konselor harus dituntut membuat cerita  menarik agar klien mau mendengarkan cerita yang disampaikan konselor.
Agar klienatau siswa tidak merasakan bosan konselor harus mencari poster yang menarik untuk dijadikan contoh seperti poster gambar narkoba, pergaulan bebas dan kekerasan itu akan menjadi tipik yang menarik bagi klien, tapi seorang konselor harus bisa membawakan suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan untuk klien karna dengan demikian klien atau siswa pun memikirkan dampak positif dari kejadian yang dicerikan konselor.

C. Konseling Melalui Via Telepon
Konseling sekararang tidak harus tatap muka tetapi juga bisa lewat via telepon, karna ditengah kondisi ini pelayanan konseling melaui telepon menjadi alternative tebaik. Pelayanan ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Klien tidak perlu membuat janji, menunggu berhari-hari dan merasa takut rahasia kehidupan pribadinya diketahui oleh lingkungan tertentu. Klien pun dengan bebas dapat mengutarakan apa saja tampa perlu menyebutkan nama dan identitas pribadinya.
Konseling melaui teleponpun tidak meropotkan karna dimana saja dan kapan saja klien memiliki masalah, klien langsung bisa menelpon konselor tampa harus bertemu langsung dengan konselor. Konseling melalui telepon

D. Tata Cara Konseling Via Telepon
Beberapa tata cara konseling melalui telepon yaitu:
·         Gunakan bahasa yang sopan sesuai kondisi klien
·         Gunakan bahasa yang lembut dan bersahabat
·         Mengembangkan perasaan senang dan berfikir positif waktu menerima telepon
·         Memfokuskan pembicaraan guna mengefektifkan pengguna komunikasi
·         Menanggapi permasalahan yang dihadapi klien dengan tenang
·         Memberikan saran bila diperlukan
·         Merusaha agar tidak merasa konseling lewat telepon
·         Memberikan solusi yang baik kepada klien
·         Jika sudah merasa masalah yang dihadapi selesai akhiri pembicaraan dengan sopan  agar hubungan komunikasi tetap berjalan lancar

E. Penyelesaian Masalah Via Telepon
Konselor tidak dapat memastikan klien serius atau tidak karna informasi yang diterima dan diberitahukan sangat terbatas, komunikasi satu arah, klasifikasi dan eksplorasi tidak bisa segera dilakukan sehingga ada kemungkinan terjadi kesalahpahaman. Belum terdapat data-data, fakta atau informasi yang objektif dari klien, sehingga pemecahan masalah dengan teknik pendekatan ini akhirna akan kabur. Permasalahan yang dihadapi oleh klien beraneka ragam dalam emosi sehingga terkadang-kadang konselor mengabaikan segi-segi penting dalam proses konseling.


KESIMPULAN

Teknologi informasi dalam layanan bimbingan dan konseling memberikan kemudahan bagi seorang konselor untuk mengetahui informasi. Kemudahan teknologi juga sangat bermanfaat dalam bidang pendidikan. Bimbingan dan konseling sebagai salah satu aspek dalam pendidikan juga merasakan manfaat dari kemajuan teknologi informasi tersebut.
Aplikasi yang sangat nyata adalah proses layanan bimbingan dan konseling sudah tidak harus bertatap muka, melainkan bisa dengan menggunakan media informasi baik itu telepon maupun internet. Tetapi semua itu bukan tanpa masalah. Banyak sekali hambatan yang menjadi duri bagi kemajuan dunia bimbingan dan konseling. Salah satunya sumber daya manisianya yang belum bisa memanfaatkan dengan baik kemajuan teknologi informasi tersebut sehingga perlu sosialisasi kepada konselor maupun konseli agar kedua belah pihak bisa sama-sama memanfaatkan media teknologi infoemasi yang sudah maju.
Konselor sekolah tidak semuanya mengerti atau paham tentang penggunaan internet, padahal internet merupakan media yang sangat efektif dalam proses layanan bimbingan dan konseling. Untuk itu perlu adanya suatu sosialisai untuk meningkatkan kinerja konselor di sekolah dalam hal memanfaatkan kemajuan teknologi informasi agar nantinya bidang bimbingan dan konseling tidsak lagi menjadi bidang yang menjenuhkan dan membosankan bagi para klien.
Dengan kata lain, teknologi informasi tersebut tidak disalahgunakan untuk hal yang negatif. Jika konselor dan konseli sudah paham akan manfaat dan pentingnya teknologi informasi dalam menunjang proses layanan bimbingan dan konseling, maka kedepannya bimbingan dan konseling akan menjadi bidang pendidikan yang inovatif dan efesien berkat kemajuan teknologi informasi namun tetap tidak menghilangkan esensi dari layanan bimbingan dan konseling itu sendiri.



DAFTAR PUSTAKA

Setiawan, W. (2009). Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: UPI PRESS.
Ari, D. (2008). Penerapan Media (Teknologi Informasi Komunikasi) Pada Bimbingan dan Konseling.
Oetomo, Budi Sutejo Dharma. (2002). E-education: Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Jogyakarta: Andi
Sadiawan, Arief. Dkk. (2002). Media Pendidikan: Pengertian. Pengembangan, dan Pemanfaatnya. Jakarta: Rajawali Press


 

Pengertian Blog


PEMBAHASAN

  1. PENGERTIAN BLOG

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.

Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.
Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain.

Sebuah blog adalah situs web yang item diposkan secara berkala dan ditampilkan dalam urutan kronologis mundur. Istilah blog adalah singkatan dari weblog atau web log. Mengarang blog, memelihara sebuah blog atau menambahkan artikel ke blog yang sudah ada disebut “blogging“.
Masing-masing artikel pada sebuah blog disebut “tulisan blog”, “tulisan” atau “masukan”. Orang yang menulis atau memasukkan dan memelihara tulisan di blog disebut “blogger“. Sebuah blog terdiri dari teks, hypertext, gambar, dan link (ke halaman web dan video, audio dan file lainnya). Blog menggunakan dokumentasi dengan gaya percakapan. Seringkali blog fokus pada “wilayah kepentingan” tertentu, seperti Washington, DC, politik yang sedang berlangsung, dan beberapa blog mendiskusikan pengalaman pribadi. oleh Wikipedia.
Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya adalah suatu bentuk aplikasi/layanan web yang dibuat untuk memudahkan user dalam mempublikasikan informasi yang dimilikinya melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam sebuah postingan (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog). Blog sendiri mempunyai fungsi yang sangat beragam seperti menjadi sebuah catatan harian, menjadi media publikasi, sampai dengan menjadi sebuah web portal bagi perusahaan
Pengertian Blog dilihat dari sejarah awal mula blog, Awalnya Blog di populerkan oleh blogger.com yang tadinya  situs milik PyraLab yang telah di akuisisi oleh google pada tahun 2002, semenjak itu para penulis blog di manjakan dengan banyak aplikasi yang sifatnya terbuka sehingga dapat memenuhi kebutuhan para blogger untuk menulis dan mengupdate blog mereka.
Blog berfungsi sebagai media publikasi dalam sebuah kampanye, catatan pribadi, sampai dengan program perusahaan dan banyak lagi macam-macam dari fungsi blog. Karna Blog situs-situs web saling berkaitan dan memberikan informasi dengan mudah walaupun tidak semua tulisan blog memiliki kualitas tinggi.
Seringkali blog di update secara berkala oleh pemilik dan ditulis hanya dengan satu topik khusus, contohnya tentang tutorial wordpress, Internet, tips dan trick seo, catatan pribadi, hobi dll. Walaupun tidak sedikit juga pemilik mencampur tulisannya dengan lebih dari satu topik seperti blog saya ini. Untuk mengetahui pengertian blog sebenarnya anda dapat membaca beberapa sumber yang menjelaskan tentang pemahaman blog atau juga anda dapat membuat blog pribadi anda dan rasakan seperti apa rasanya posting tulisan anda sendiri dan di komentari orang lain, saya yakin anda bisa menyimpulkan sendiri mengenai pengertian blog. 
Blog merupakan media informasi yang sangat membantu pengguna yang membutuhkan informasi, maka dari itu blog memiliki kasta tertinggi dalam tingkatan sosial media karena tugas seorang blogger adalah memberikan informasi yang dapat membantu para pembaca untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, sehingga Pembaca dapat belama-lama berada diblog kita karena menikmati informasi yang berguna. Cukup sekian artikel ini saya tulis, Saya harap dengan anda membaca artikel ini dapat membuka pikiran anda dalam memahami pengertian blog dan mngenenal sejarah blog.
  1. Tata Cara Pembuatan Blog
Cara Membuat Blog
Cara membuat blog yang akan dibahas adalah caramembuat blog via blogger.com milik google. Sebenarnya anggapan membuat sebuah situs dan blog itu sulit adalahsalah. Mudah atau sulit sebenarnya tinggal cara pemahaman dan kerja keras dalam mempelajarinya.

Bagaimana cara membuat blog.
Sepertihalnya email, buat account duludi free blog provider (pemberi hosting/domain blog gratis). Yang paling popular adalah http://www.blogger.com. Bagi yang sudah agak melek huruf teknologi bias juga buat account di http://www.wordpress.com dan http://blogsome.com.

Selain yang dua ini masih banyak penyedia blog gratis yang bisa ketahui. Kemudian Ikut ipentunjuk step-by-step ketika mendaftar.

Setelah selesai register/sign-up di http://blogger.com, dapat mulai memposting/ mempublish apapun yang diinginkan diblog, mulai dari curhat, puisi, cerpen, dan yang lainnya.




Blogger Baru
Sejak Januari 2007 prosespembuatan/ registrasi / sign-up blog diblogger.com lebih dipermudah, diantaranya:
Apabila punya email digmail.com, maka bisa langsung log-in atau sign-in diblogger.com –> new blogger –> masukkan id/usernama plus password gmail. Dan ikuti proses selanjutnya.
Apabila belum punya email digmail.com, silahkan buat (register/ sign-up) duludihttp://gmail.com –> sign-up. Setelah jadi email gmailnya, kunjungi http://blogger.com –> new blogger –> masukkan id / gmail plus password dan ikuti proses pembuatan blog selanjutnya.

C.    Tata Cara Membuat Blog - Presentation Transcript

Tata Cara Membuat Blog
Pada posting ini akan membuatkan panduan cara membuat blog yang disediakan secara gratis oleh blogger.com. Mungkin atau pasti pernah mendengar istilah blog atau webblogkan? blog tidak jauh berbeda dengan website. yang membedakan jika website hanyalah situs yang menyediakan informasi satu arah bagi pengunjungnya, sedangkan blog atau weblog menyediakan informasi secara dua arah, jadi para pengunjung bisa memberikan komentar tentang artikel atau content yang disediakan oleh pengelola blog itu, atau istilah lain Admin. istilah lain dari blog adalah CMS jika dipanjangkan jadi Content Management Sistem. Sedangkan orang yang mempunyai blog istilahnya blogger.
Sebenarnya saat ini ada dua layanan blog gratis yang sering digunakan oleh par abloger untuk ngeblog, yaitu blogspot (bloger) dan wordpress. Tapi kali ini akan diberikan panduan cara membuat blog dengan blogspot (blogger) saja. Alasannya karena cara membuat dan mengelola blog dibloger lebih mudah dibandingkan dengan diwordpress. Tapi saat ini usah akan membuat tentang panduan cara membuat blog diwordpress yang juga gratis tentunya.


Langkah-langkah cara membuat blog adalah:
1.      Yang harus kamu siapkan dan wajib sebelum membuat atau bikin blog diblog  spot (blogger) adalah memiliki email terlebih dahulu. email ini nantinya digunakan untuk mendaftar pertama kali.
2.      Jika sudah membuat email, bukalah alamat www.blogger.com, dan pastikan yang muncul adalah website seperti dibawah inikemudian klik gambar panah orange yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA.
3.      Setelah itu akan muncul halaman sepertidibawah ini. Pada kolom alamat email : masukan email kamu ketik ulang alamat email : masukan lagi email yang sama seperti diatas masukan sebuah password : isi akan kanta kunci (minimal 8 karakter, bisa huruf bisa angka) ketikan ulang sandi : masukan lagi paswod yang telah kamu masukan sama dengan yang diatas Nama tampilan : isi nama kamu atau nama alias kamu (ini akan tampil bersamaan dengan posting, artikel yang kamu buat) verifikasi : masukkan gambar kata yang terdapat diatas kolom. Pada gambar diatas sudah saya sertakan contoh pengisiannya jika sudah diisi semua lalu klik gambar panah orange (lanjutkan)
4.      Kemudian akan muncul seperti ini Isilah Judul Blog sesuai dengan keinginann muisi juga alamat blog sesuai dengan keinginanmu juga, jika   alamatmu menggunakan 2 kata atau lebih. Pisahlah dengan tanda titik ( . ) atau tanda ( – ). Karena tidak bisa menggunakan spasi.
5.       contoh pengisiannya seperti gambar ini terkadang alamat blog yang kita tulis sudah dipakai oleh orang lain, jika sudah dipakai orang lain berate tidak bisa digunakan. Untuk mengetahui sudahdipakai orang lain atau belum Klik saja link “cekketersediaan” jika belum dipakai orang lain, maka dibawahnya akan muncul tulisan warna hijau yang bertuliskan Alamat blog ini tersedia jika sudah klik menu lanjutkan
6.      Setelah kamu klik menu lanjutkan.. akan muncul halaman seperti ini
itu adalah jendela disain template. Untuk memilih tinggal klik salah satu. kemudian menu klik lanjutkan, maka yang muncul adalah gambar seperti ini dengan begitu kamu telah selesai membuat suatu blog…. 
Mengatur Tata Letak Widget Blogger adalah salah satu trik untuk membuat blog anda menjadi lebih menarik. selain mengedit template penempatan gadget/widget di sidebar blog Anda sesuai pada tempat yang kita inginkan dapat membuat blog lebih indah dipandang. s
Blogger.com memberikan kemudahan bagi para penggunanya membuat blog seperti kemudahan dalam pengaturan blog tentang tata letak dimana kita menginginkan agar setiap gadget pada template dapat kita atur dengan meletakan widget pada posisi gadget yang sesuai.
Silahkan ikuti tutorial blogger dalam mengatur design tata letak di blogger blogspot berikut ini :
1.         Login menggunakan Username dan Password google account atau gmail Anda di blogger.com
2.         Dari halaman ‘dasbor/dashboard’, pilih dan klik Design atau Rancangan.
3.         Setelah halaman tata letak atau layout terbuka. Lakukan pemindahan posisi widget yang ada pada gadget blog Anda dengan cara "Drag and Drug". Klik dan tahan Widget yang ingin Anda pindahkan keposisi lain, misalnya ke kanan, kiri, atas, bawah atau sesuai keinginan Anda. Geser kearah tempat gadget yang Anda inginkan.
4.         Klik preview untuk melihat hasilnya, klik save/simpan perubahan.
Demikian Cara Mengatur Design Tata Letak Gadget/Widget Blogger di Template anda. agar membuat blog anda lebih teratur dan enak di pandang tentunya. Semoga Bermanfaat.
Mungkin materi cara membuat spoiler di posting wordpress bukan materi yang asing bagi para blogger, tapi tidak ada salahnya kalau saya ikut nimbrung membahas materi ini barangkali bermanfaat bagi para newbie.
Ide posting materi membuat spoiler di posting wordpress muncul ketika ingin menyisipkan contoh gambar2 screenshoot blog di posting Jasa Blog. Karena gambarnya cukup panjang dan kalau disisipkan seadanya di posting kayaknya malah ga enak dilihat, maka saya pikir mending dibuat spoiler aja.
Membuat spoiler yaitu menyembunyikan objek teks atau gambar yang kepanjangan di posting blog supaya objek yang disembunyikan tidak menggangu materi posting yang lain atau dibuat simple.
Bagaimana cara membuat spoiler di posting wordpress? Mudah kok tinggal copy saja script kode di bawah ini dalam posting HTML blog wordpress Anda.

D.    Cara Memposting Artikel


Bagi anda yang mengalami sedikit kendala tentang tata cara memposting suatu artikel kedalam blog, maka kali ini akan di bahas tentang tata cara posting di blogger.com. Di dalam menu posting ada beberapa toolbar yang bisa anda gunakan.Jika anda sudah terbiasa menggunakan microsoft Word ataupun microsoft Excel tentu barangkali tidak akan mengalami kesulitan ketika memposting suatu artikel, tapi mungkin tidak ada salahnya bila saya bahas sekilas tentang ini, barangkali ada di antara teman kita yang masih belum tau.

Toolbar yang ada ketika posting :
http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/photo-posting_03-1.gif--> Untuk merubah jenis hurup yang di gunakan
http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/photo-posting_04-1.gif--> Untuk merubah ukuran hurup (heading)
http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/photo-posting_05.gif--> Untuk Menebalkan hurup
http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/photo-posting_06.gif--> Untuk memiringkan hurup
http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/photo-posting_07-1.gif--> Untuk merubah warna hurup
http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/photo-posting_11.gif--> Untuk membuat link
http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/photo-posting_13.gif--> Untuk membuat artikel menjadi rata kiri
http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/photo-posting_14.gif--> Untuk membuat tulisan menjadi di tengah
http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/photo-posting_15.gif--> Untuk membuat artikel menjadi rata kanan
http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/photo-posting_16.gif--> Untuk membuat artikel menjadi rata kiri dan rata kanan
http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/photo-posting_18.gif--> Untuk membuat sub bahasan oleh angka
http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/photo-posting_19.gif--> Untuk membuat sub bahasan oleh bullet
http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/photo-posting_21.gif--> Untuk mengecek spelling
http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/photo-posting_23.gif--> Untuk memasukan gambar(upload gambar)
http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/photo-posting_03.gif--> Untuk membuat artikel dalam kode HTML
http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/photo-posting_04.gif--> Untuk membuat artikel dalam mode Compose (biasa)
http://i162.photobucket.com/albums/t253/rohman24/photo-posting_07.gif--> Untuk me review (melihat) artikel

Cara penggunaan toolbar di atas adalah blok (beri tanda) terlebih dahulu tulisan yang akan di edit, kemudian tekan tombol toolbar yang di inginkan.

Langkah-langkah dalam memposting suatu artikel:
1.      Sebaiknya klik terlebih dahulu “ Edit HTML”,jika langsung di mode “Compose”, sering terjadi hang pada komputer (pengalaman saya pribadi). Copy artikel yang telah anda buat sebelumnya, kemudian paste di area posting. Edit sesuai dengan kemauan anda.
2.      Klik tombol “ compose “ untuk melakukan editing (jika anda masih bingung dengan kode HTML).
3.      Klik tombol tool yang berlambang “ panorama” berwarna biru, jika anda ingin memasukan gambar ataupun photo untuk menghiasi posting-an anda.
4.      Klik tombol “ Preview “ untuk melihat hasil posting-an anda yang nantinya akan tampil di dalam blog, barangkali masih ada yang perlu di edit.
5.      Klik tombol “ publish “. Selesai. Tulisan hasil karya anda akan bisa dilihat dan di baca oleh seluruh dunia.
Buku paket  ini terdiri dari dua bagian penting, yaitu bagaian satu, menguraikan tentang pentingnya membuat program bimbingan dan konseling serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat program agar sesuai dengan kebutuhan dan masalah siswa. Bagain kedua, aplikasi suatu bentuk program excel untuk membantu dalam menyusun program bimbingan dan konseling dengan cara melakukan pengumpulan data yang sesuai dengan kebutuhan dan masalah siswa.

  1. Penggunaan Blog Dalam Layanan BK
Dengan internet seorang konselor bisa berkomunikasi dengan clientnya dalam hal ini siswanya kapan saja dan dimana saja. Saat ini teknologi internet sudah bukan barang baru dan bukan hal yang perlu ditakuti apalagi harus dihindari. Karena dengan teknologi ini kita akan mudah berkomunikasi dengan siapa saja dan kapan saja serta tidak terikat dengan ruang dan waktu. Sehingga proses bimbingan bisa dilakukan kapan dan dimana saja, dengan demikian sorang siswa bisa saja akan merasa nyaman kalau konsultasi dilakukan melalui jaringan inernet ini, karena mungkin saja tidak merasa risi dan takut diketahui oleh orang lain. Dengan demikian proses interaksi antara konselor dengan klien akan terasa lebih akrab dan lepas tanpa beban.
Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa teknologi khususnya jaringan komputer baik Intranet maupun Internet proses belajar mengajar, proses interaksi antara konselor dan klien bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa dibatasi ruang dan waktu. Dengan demikian peran teknologi tinggi dalam dunia pendidikan khususnya Bimbingan dan Konseling sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dan maksimal. Terlepas dari itu semua apakah seorang konselor dalam hal ini Guru BK (Bimbingan dan Konseling) sudah siap dengan teknologi ini? Jika sudah siap maka kapan lagi kalau tidak dimulai dari sekarang, karena banyak sarana, bahan dan sebagainya yang bisa kita dapatkan melali dunia maya tersebut.
Blok adalah aplikasi atau layanan yang dibuat untuk memudahkan user dalam mempublikasikan informasi yang dimilikinya melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam sebuah postingan. Kegunaan blog dalam bk untuk mempermudah konseling dalam teknik informasi, dengan adanya layanan blog ini  seorang konselor tidak gaptek.